WOW, RP 86 MILIAR DI TRANSFER TKI MADIUN

MADIUN, METRO SURYA 
Pengiriman uang atau remiten Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Madiun, dari berbagai negara penempatan di luar negeri selama tahun 2012 ini sudah menembus Rp 86,58 miliar. Kepala Bidang Penempatan, Latihan, dan Produktivitas Tenaga Kerja (Pentalattas), Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Madiun, Suyadi, jumlah tersebut terbagi dalam dua bagian.
"Data yang ada pada kita itu kan data triwulanan. Jadi pada triwulan pertama jumlah kirimannya sebanyak Rp 34 miliar. Dan pada periode ke dua ini naik jadi Rp 52,58 miliar," ujarnya.
Suyadi menambahkan kenaikan jumlah pengiriman uang tersebut merupakan imbas dari meningkatnya kebutuhan saat lebaran. Sehingga para TKI yang bekerja di luar negeri mengirimkan lebih banyak uang ke kekuarga mereka yang ada di tanah air.
Menurut dia, dari jumlah tersebut, kiriman uang terbanyak terpantau dari negara Malaysia yang mencapai 20 persen lebih. Sedangkan sisanya terpantau dari negara penempatan Hong Kong, Taiwan, Singapura, serta kawasan Timur Tengah.
"Jumlah ini belum termasuk pegiriman uang TKI yang dilakukan melalui jasa di luar bank, seperti pegadaian dan lainnya. Jika ditambah dengan itu, maka jumlahnya dipastikan lebih besar lagi, serta pada pertengahan triwulan ini yang belum masuk data," kata dia.
Suyadi memperkirakan, kiriman uang tunai dari para TKI ini akan terus bertambah hingga mendekati lebaran mendatang. Bahkan, kata dia, berdasarkan pengalaman tahun lalu, kiriman uang tunai dari para TKI ini bisa mencapai ratusan juta per hari. BJ

INDEKS BERITA