Pasar Kedungrejo Baru Kekurangan Stan

Sidoarjo, MS-Pedagang Pasar Kedungrejo nampaknya bakal dapat terus mengais rejeki di tempat itu. Pasalnya, niat DPRD Sidoarjo yang hendak merelokasi mereka di bulan depan belum dapat terwujud. Padahal bangunan sebagai tempat relokasi pedagang di Kedungrejo Baru hampir selesai pengerjaannya termasuk penerangannya dan siap di tempati.
“Kami sendiri belum mengetahui kapan kami akan dipindah. Lha mungkin pemerintah masih mikir soal jumlah pedagang yang mau di relokasi karena jumlahnya sangat banyak sekali,” ujar Salim, salah seorang pedagang Pasar Kedungrejo lama.
Selain itu, ketidak pastian waktu direlokasinya para pedagang tersebut juga terbentur permasalahan seputar payung hukum yang tak kunjung keluar. Sementara Bupati Sidoarjo, H Saiful Ilah, sendiri belum menandatangani Perbup sebagai pijakan pelaksanaan relokasi tersebut oleh Dinas Pasar. Alasannya, jumlah pedagang melebihi kuota dan tidak sesuai dengan stan yang tersedia. Bahkan hingga kini belum ada penambahan bangunan stan. “Perbup Pasar Kedungrejo belum saya tanda tangani, karena jumlah pedagang dengan stannya tidak sebanding,” tuturnya. 
Pihaknya juga menginginkan dilakukannya penambahan bangunan stan hingga 2 lantai untuk mengantisipasi membludaknya jumlah pedagang. “Saya ingin ada bangunan lagi, tapi langsung dua lantai, agar bisa menampung seluruh pedagang,’’ tegas Saiful Ilah yang juga Ketua DPC PKB Sidoarjo. Data yang dihimpun menyebutkan, ada kekurangan 90 unit stan. Sedangkan daya tampungnya baru 147 kios dan 400 los.
Sekretaris Dinas Pasar, Mulyani, membenarkan di Pasar Kedungrejo baru memang stan yang ada tidak bisa menampung membludaknya pedagang. Sedangkan untuk merelokasi para pedagang ke tempat baru, pihaknya masih menunggu keluarnya perbup.karmawan

INDEKS BERITA