HARUS ADA PAHLAWAN PENGHIJAUAN


Zulkifli Hasan
Jakarta, METRO SURYA
Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengatakan, hutan Indonesia memerlukan pahlawan penghijauan, yaitu semua lapisan masyarakat yang peduli akan pelestarian hutan. "Pahlawan penghijauan yang dibutuhkan Indonesia adalah mereka, seperti polisi hutan, penyuluh kehutanan dan semua
yang peduli kelestarian hutan," katanya
di Kementerian Kehutanan Jakarta.
Dia mengatakan hal itu diperlukan menyusul penyusutan lahan hutan Indonesia yang terus berkurang dari tahun ke tahun.
"Dulu terdapat sekitar 130 juta hektar hutan tapi saat ini hanya tersisa 63-65 juta hektar hutan Indonesia," katanya.
Menurut Zulkifli, dari 63-65 juta hektar hutan itu, tidak ada yang bisa dilakukan kecuali menjaga lahan yang tersisa dengan mengembangkan industri kayu berbasis hutan tanam.
Dia menambahkan industri kayu berbasis hutan tanam itu memiliki banyak manfaat karena sifatnya berkelanjutan sehingga bisa hasilnya bisa terus ada.
"Di Pulau Jawa sebagai contoh, produksi kayu Indonesia itu lebih dari separuhnya berasal dari hutan tanam," katanya.
Oleh karena itu, Zulkifli berpendapat jika masyarakat mampu menjaga hutan yang tersisa dengan rajin menanam, tak dipungkiri Indonesia bisa kembali hijau.
"Apalagi jika dikembangkan ke daerah lain hingga seluruh tanah air, saat sudah berkembang pesat, dalam waktu sekitar 25-30 tahun lagi Indonesia akan kembali hijau.
Dia juga berharap adanya keadilan dalam distribusi pengolahan lahan yang masih menjadi kendala walaupun pemerintah telah mengembangkan pola kawasan hutan seperti hutan taman rakyat atau hutan desa.
Keberadaan pahlawan penghijauan dinilai bisa mempercepat penghijauan dan menjaga kelestarian kawasan konservasi.
"Sekaligus membantu terlaksananya pemerataan atau distribusi pengelolaan yang adil," katanya.

INDEKS BERITA