LUKISAN LEONARDO DA VINCI DIJUAL SEHARGA Rp 1,4 Triliun

Sebuah lukisan mahakarya seniman Leonardoi da Vinci berumur 500 tahun bergambar Maria Magdalena bersama dua orang balita, ditaksir bernilai US$ 150 juta atau Rp 1,4 triliun.
Lukisan itu disimpan selama ratusan tahun secara turun temurun oleh keluarga McLaren di Skotlandia.

Uniknya, pemilik lukisan Fiona McLaren (59) tidak tahu kalau lukisan tua yang diketahuinya sejak ia masih kecil itu ternyata karya maestro besar dunia.

Malah, lukisan itu sempat disimpan di gudang rumah peternakannya selama beberapa dekade.

Karena tak paham soal lukisan, ia tidak pernah memikirkan soal lukisan yang diberikan oleh ayahnya sebagai hadiah itu.

Iseng berujung kejutan, saat Fiona McLaren membawa lukisan itu ke seorang ahli dan juru taksir lukisan.

Dari pengamatan para pakar lukisan dan kolektor lukis, diketahui lukisan tersebut adalah karya Leonardo da Vinci yang diperkirakan berusia 500 tahun dan bernilai $150 juta atau Rp 1,4 triliun.

“Saya menunjukkan lukisan ini pada Harry Robertson (pelelang) dan dia tertegun, tak bisa berbicara apa-apa, hanya berseru dan takjub,” kata McLaren dikutip dailymail.

Lukisan itu diprediksi adalah Maria Magdalena yang memegang seorang bayi.
Kini lukisan tersebut sedang menjalani analisis lanjutan dari para pakar di Universitas Cambridget dan Hamilton Kerr Institute, yang bisa mengetahui usia tepat dan asal lukisan ini.
Ada papal bull atau semacam sertifikat dari Paus yang tertempel di belakang lukisan sehingga karya ini dipercaya berasal dari era Paus Paulus V, kepala Gereja Katolik pada awal abad 17.
McLaren bilang ada tulisan “Magdalena” yang jelas terlihat di kertas pudar.

Menurut McLaren, dia berharap lukisan ini bisa terjual ke sebuah museum dan dia berencana menyumbangkan sebagian dari nilai penjualan lukisan tersebut setelah dilelang.LI

INDEKS BERITA