Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) pada hari ini Kamis (05/0612) melakukan rapat koordinasi dan diskusi bersama seluruh jajaran terkait di Aula Dishub Surabaya, diantaranya Kepala Satlantas Polrestabes Surabaya AKBP Asep Akbar Hikmana, S.I.K., M.H, Kepala Dishub Kota Surabaya, Eddi, Amd LLAJ, S. Sos, MM, Perwakilan Garnisum Tetap III, Organda, Unair, Jasa Raharja, Serikat Pekerja Transportasi, dan beberapa instansi terkait Pemkot Surabaya.
Dalam agendanya forum tersebut berdiskusi membahas mengenai permasalahan lalu lintas dan angkutan jalan yang ada diSurabayauntuk dapat mendapatkan solusi. Diantaranya permasalahan tersebut adalah permasalahan kemacetan di ruas Jalan Mastrip. Permasalahan utama di Jalan Mastrip persimpangan jembatan Karang Pilang baru yang bisa macet hingga sampai 2 jam. Sehingga Dishub Surabaya sudah berusaha untuk melakukan rekayasa lalu lintas dan pemberlakukan jam khusus untuk kendaraan tertentu untuk mengantisipasi kemacetan di titik tersebut.
Selain itu juga dibahas permasalahan lalu lintas dan angkutan jalan yang lain seperti di Jalan Margomulyo, Persimpangan sebidang jalan raya dan rel kereta api di titik tertentu seperti di titik Margorejo, Keselamatan penyebrang jalan terutama di Jalan A Yani, Persimpangan jenuh di beberapa titik, kepadatan lalin di titik pasar tradisional, dll
Kepala Dishub Kota Surabaya dalam pemaparannya menyebutkanSurabayaharus bangga, karenaSurabayamerupakan salah satu di antara duakotadiIndonesiasetelahJakartayang sudah menerapkan Surabaya Intelligent Transport System (SITS). Intrumen tersebut salah satu yang memberikan sumbangan besar terhadap ketertiban dan keselamatan LLAJ. Di sisi lainSurabayameraih prestasi juara satu se-Indonesia dalam lomba Road Safety Partnership Contest.
Kepala Satlantas Polrestabes Surabaya AKBP Asep Akbar Hikmana, S.I.K., M.H sedikit memberikan pemaparan mengenai situasi umum lalu lintas di Kota Surabaya seperti jumlah kendaraan, panjang jalan data ranmor, data pelanggaran lalin.
Dalam penilaiannya dibandingkan dengan semester I Tahun 2012 terjadi penurunan baik kualitas maupun kuantitas dalam hal kecelakaan disbanding pada semester II Tahun 2011 di wilayah hukum Polrestabes Surabaya.
Selain itu juga dibahas mengenai permasalahan akan kereta kelinci yang semakin marak keberadaannya banyak beroperasi di jalan raya karena bersinggungan dengan kendaraan bermotor yang lain, selain dapat membahayakan kendaraan bermotor lain juga kendaraan tersebut tidak sesuai peruntukannya. Disisi lain keberadaan kereta kelinci diijinkan beroperasi di dalam tempat wisata.
Dengan adanya Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang rutin diadakan setiap tahun tersebut maka diharapkan akan semakin memperkuat koordinasi semua pihak untuk bisa terus dapat saling bekerjasama dalam mengatasi permasalahan lalu lintas dan angkutan jalan terutama masalah kemacetan lalu lintas. Dishub Sby