Alat IKM Tingkatkan Standar Pelayanan

Surabaya, MS - Untuk mengetahui tingkat kepuasan ma-syarakat dalam hal pelayanan di UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Tandes, instansi ini memasang alat untuk menampung keputusan masyarakat soal puas atau tidak terhadap pelayanan petugasnya.
Budi Basuki, Kasubbag TU UPTD PKB Tandes menuturkan,
alat yang diberi nama Indeks Kepuasan Masyarakat ini (IKM) diharapkan mampu mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan masyarakat yang melakukan pengurusan uji kir di UPTD PKB Tandes. “Jika ada yang tidak puas kami akan menelusuri dan menge-valuasi dimana masa-lahnya serta secepatnya diu-sahakan adanya perbaikan. Hasilnya akan di-tampilkan dalam bentuk grafik. Grafik tersebut dapat menunjukkan tingkat kepuasan masya-rakat/pelanggan dalam hal ini adalah pemilik kendaraan terhadap pelayanan yang diberikan di UPTD PKB Tandes,” ujar Budi.
Hasilnya, lanjut Budi, akan ditampilkan pada sebuah layar LCD di dalam kantor UPTD PKB Tandes. Hal ini dimaksudkan agar seluruh staff pelayanan UPTD PKB Tandes mengetahui sebe-rapa besar tingkat kepuasan masyarakat/ pelanggan  terhadap kinerja meraka selama ini se-hingga apabila masyarakat/ pelanggan kurang puas dengan pelayanan yang telah diberikan diharapka seluruh staff pelayanan lebih meningkatkan kualitas pelayanan mereka. Dengan ada-nya alat tersebut diharapkan kualitas pelayanan akan semakin meningkat. Masya-rakat juga dihimbau untuk mem-berikan penilaian secara obyektif agar hasil yang di-tampilkan benar-benar hasil yang sesuai dengan keadaan sebe-narn-ya.deny/DS

INDEKS BERITA